Categories
Uncategorized

Beri dia gas: Kiat untuk memotong laser dengan gas tambahan

Saat membeli dan menggunakan mesin pemotong laser, beberapa produsen mengabaikan variabel yang sangat penting: asisten gas. Produsen tidak hanya harus memilih jenis gas yang tepat untuk operasi mereka, tetapi mereka juga perlu mempertimbangkan biaya gas itu dan aksesoris yang diperlukan untuk menambah dan menyimpannya. Akhirnya, metode tambahan gas dapat membantu atau menghambat, jadi penting untuk memperbaikinya.

Memilih jenis gas bantu yang tepat, mempertahankan tekanan dan aliran yang tepat, dan menentukan metode pengiriman dan penyimpanan yang paling ekonomis membutuhkan pengetahuan tentang sejumlah faktor. Walaupun jenis dan ketebalan logam adalah variabel yang paling jelas, faktor yang kurang jelas seperti volume produksi, jumlah laser, lingkungan lantai toko, dan level yang diperlukan untuk kualitas akhir permukaan benda kerja harus memengaruhi opsi gas tambahan pabrikan.

Jenis Gas Bantu


Pertama, Anda perlu memahami jenis gas bantu dan skenario penggunaan optimal untuk masing-masing jenis. Tiga jenis utama gas bantu yang digunakan dalam pemotongan laser adalah oksigen, nitrogen, dan udara.

Oksigen adalah gas tambahan yang digunakan untuk aplikasi pemotongan baja ringan. Oksigen menyebabkan reaksi eksotermis yang membantu menyediakan panas untuk memungkinkan pemotongan laser dan paling baik untuk baja ringan satu inci atau kurang tebal. Biasanya, memanen baja ringan menggunakan gas tambahan membutuhkan tekanan minimum, biasanya sekitar 28 psi atau kurang, dan aliran kurang dari 60 scph, tergantung pada ketebalan logam. Dengan oksigen, semakin tebal logam, semakin sedikit oksigen yang perlu dipotong. Ketika memotong dengan oksigen, produsen harus mengurangi laju umpan dan meningkatkan ketebalan baja.

Ada kelebihan dan kekurangan menggunakan oksigen daripada nitrogen dan udara. Pertama, oksigen membutuhkan sangat sedikit aliran dan tekanan nitrogen, yang berarti bahwa konsumsi – dan akhirnya biaya – rendah. Selain itu, dengan ketebalan lebih dari 0,8 inci, oksigen berkurang dengan cepat.

Penurunan penggunaan oksigen sebagai gas tambahan adalah oksidasi. Reaksi gas oksigen membantu dalam oksidasi, yang dapat mempengaruhi kualitas permukaan dengan menghilangkan lapisan dan menghambat kemampuan untuk melukis bagian akhir. Lapisan oksida difus akan menyebabkan korosi dan keausan permukaan. Secara umum, kualitas keseluruhan benda kerja potongan oksigen lebih rendah daripada benda kerja potongan nitrogen.

Nitrogen bebas oksidasi menghasilkan potongan yang bersih dan akurat karena tidak menyebabkan reaksi terlalu panas dan menyusut bahan pembantu, tetapi hanya menghilangkan logam cair. Ideal untuk stainless steel dan aluminium, nitrogen dapat memotong baja ringan lebih cepat dari oksigen ketika logam kurang dari 0,8 inci (lihat Gambar 1 – terpasang). Sementara nitrogen membutuhkan lebih banyak tekanan dan aliran daripada oksigen saat memotong logam tebal, kandungan nitrogen (tekanan dan aliran) berkurang karena ketebalan logam berkurang.

Dalam kebanyakan kasus, menggunakan nitrogen sebagai pengganti oksigen datang dengan biaya yang jauh lebih tinggi. Selain itu, nitrogen adalah gas pembawa paling lambat kecuali logam yang sangat tipis. Untuk alasan ini, umumnya hanya digunakan dalam aplikasi pemotongan baja ringan di mana kualitas permukaan sangat penting.

Air Store mungkin menjadi opsi yang layak di beberapa aplikasi, di mana bonus yang jelas adalah bahwa tidak ada biaya konsumen langsung. Reaksi menghasilkan plasma karena pemotongan udara, saluran panas yang sangat efektif yang memungkinkan kecepatan tercepat pada pemotongan baja dan laser ringan. Meskipun udara terkompresi tidak mengusir oksida, ia secara langsung kalah dengan oksigen. Selain itu, kualitas tepi bagian yang dihasilkan tidak tinggi dengan nitrogen.

Meskipun udara yang disimpan bisa murah dan efektif untuk logam halus (kurang dari 0,8 inci hingga 0,6 inci tebal dan ringan dengan aluminium dan paling cocok dengan stainless steel), menciptakan sistem yang mempertahankan tekanan udara yang memadai. Penjernih udara dapat menjadi filtrasi dan merupakan gangguan bagi banyak produsen.

Proses pengumpulan, penyimpanan, dan distribusi udara di toko dapat melibatkan investasi awal yang signifikan dalam peralatan khusus, namun kontaminasi masih bisa menjadi masalah. tritunggalmetal jasa laser cutting metal udara yang disimpan tidak bersih dan kering (atau diproduksi dengan sistem filtrasi canggih), ini dapat melemahkan lensa fokus, yang dapat mengurangi masalah atau kegagalan visual.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *